Sejarah Tentang Batman - Asal Usul Batman

Selain Superman, Batman adalah superhero yang mempunyai banyak pengemar. Beberapa film Batman pun tergolong sukses di pasaran. Berikut adalah fakta unik tentang Batman yang belum tentu diketahui banyak orang :

1. Penciptaan Batman
 
Setelah sukses besar dengan komik "Superman" pada tahun 1939, DC Comics membuka sayembara untuk mengorbitkan superhero baru. Bob Kane yang kala itu dikenal sebagai pencipta "Detective Comics" langsung mengusulkan superhero bernama "The Bat-Man" sebagai superhero baru yang jauh lebih realistis dibanding Superman, jauh lebih gelap dan misterius, sebagaimana karakter Bob Kane sebagai komikus misteri.

2. Konsep Dasar Batman
 
"The Bat-Man" yang kemudian berubah nama menjadi "Batman" berangkat dari konsep dasar Ninja asal Jepang. Kostum Batman sendiri adalah gabungan dari dua kostum superhero pendahulunya yakni Zorro dan The Phantom, sementara jubahnya yang bisa mengembang terinspirasi dari ornithopter karya Leonardo Da Vinci. Tokoh dibalik kostum Batman sendiri dinamai "Bruce Wayne" yang terinspirasi dari nama Pahlawan Skotlandia "Robert Bruce" dan Pahlawan Amerika Serikat "Anthony Wayne".

3. Kemunculan Batman
 
Mulanya, Batman tidak memiliki serial komiknya sendiri. Ia justru muncul sebagai tokoh sampingan di komik misteri terkenal kala itu yakni "Detective Comics" episode 27 yang terbit pada Mei 1939. Barulah pada Juni di tahun yang sama muncul komik berjudul "Batman Confidential".

4. Kartun-Kartun Batman
Setelah sukses di ranah komik, Batman kemudian diadaptasi ke dalam film dan serial animasi (kartun). Berikut evolusi kartun Batman dari masa ke masa :


5. Film Live-Action Batman
Batman juga berulang kali diangkat ke ranah live-action. Berikut evolusi live-action Batman dari masa ke masa :
 Bruce Wayne dari masa ke masa :

6. Live-Action Batmobile
Batmobile adalah kendaraan yang biasa digunakan Batman untuk patroli di Kota Gotham. Namun yang menarik perhatian adalah versi live-action dari Batmobile sendiri yang selalu mencuri perhatian. Berikut evolusi dari live-action Batmobile :


7. Musuh-Musuh Batman
Musuh-musuh Batman sebetulnya sangat banyak, lebih dari 100 musuh pernah muncul di komik garapan Bob Kane tersebut. Sementara di versi live-action, baru sekitar 12 musuh Batman yang pernah dimunculkan. Berikut 12 musuh Batman yang pernah muncul di film live-action Batman. 


8. Musuh-Musuh Batman Yang Belum Muncul di Live-Action
Selain 12 musuh Batman tersebut, masih ada puluhan bahkan ratusan musuh Batman yang pernah diciptakan oleh Bob Kane. Beberapa di antaranya yang paling populer namun belum pernah difilmkan antara lain :