Kegiatan Positif Dibulan Ramadhan Bagi Yang Menganggur

Menganggur atau belum punya pekerjaan tentu kurang mengenakkan ya? Apalagi dimata tetangga dan digosipin sama tetangga kan juga bikin kita nggak enak hati. Lebih baik jika kita bisa melakukan hal positif bagi sesama ataupun keluarga. Apalagi dibulan Ramadhan yang penuh berkah dan pahalanya berkali lipat ini dengan kita melakukan hal positif pasti akan dihajar pahala yang berkali lipat juga.

Mau tau kegiatan positif apa aja yang bisa kita lakukan selagi kita jadi pengangguran, yuk kita simak satu persatu.

Mengaji atau Tadzarus Alqur'an

Kegiatan positif yang bisa kita lakukan selagi kita menganggur adalah mengaji atau tadzarus qur'an. Selain mendapatkan pahala yang banyak dibulan ramadhan ini kita juga bisa sekalian memperlancar skill membaca alquran kita. Kegiatan ini bisa kita lakukan dimana saja, bisa dirumah, dimasjid bahkan ditempat umum. Tapi dengan catatan kita tidak boleh melakukan kegiatan tersebut dengan niat pamer. Harus mengawali segala niat dengan tulus.

Membantu Ibu Memasak Untuk Berbuka Puasa
Sebagai pengangguran daripada kita tidur tiduran terus walaupun tidur itu suatu bentuk ibadah dibulan ramadhan ini, tapi alangkah baiknya kita mengisi luang dengan hal positif. Salah satunya adalah membantu ibu memasak atau menyiapkan makanan berbuka puasa.


Berbagi Takjil

Berbagi itu indah.. betul nggak? Setelah kita membantu ibu membuat makanan atau minuman untuk berbuka, alangkah baiknya jika kita bisa menyisihkan makanan atau minuman diberikan kepada orang lain untuk berbuka. .Sebagai pengangguran dan pastinya bokek abis jika kita bersedekah saat kita dilanda kekurangan pastinya kebaikan kita akan dibalas dengan berkali kali lipat. Bisa jadi kebaikan kita dibalas dengan pekerjaan yang pastinya bisa mendapatkan uang, karena pekerjaan juga menghasilkan rejeki. Tapi, jangan berharap jika bersedekah dengan uang akan dibalas dengan uang juga. Karena rejeki itu bisa dalam bentuk apapun, bisa berupa uang, sandang, pangan, dll. Maka niatlah dengan tulus saat bersedekah dan berbagi, maka insyaallah kebaikan akan dibalas seadil adilnya.

Bersih Bersih Masjid
 
Daripada tidur di masjid nunggu takjil gratis dan yang lain sibuk bersih bersih dan nyiapin untuk acara buka bersama atau bagi takjil gratis dimasjid. Mendingan ikut bersih bersih juga, selain dipandang positif oleh lingkungan. Juga mendapat pahala yang banyak.

Dengan niat ikhlas tanpa mengharap apapun insyaallah pahala yang didapatkan luar biasa banyaknya. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang mengeluarkan kotoran dari masjid maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga,” (HR Ibnu Majah). Kotoran disini bisa sampah, debu atau yang lainnya dan jangan jorok ya...